Sabtu, 19 Desember 2015

Press Release

Diposting oleh Tugas Cyber Media di 08.50



A.        Pengertian Press Release
            Press Release atau siaran pers menurut Soemirat dan Ardianto (2004) adalah informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh Public Relations (PR) suatu organisasi/ perusahaan yang disampaikan kepada pengelola pers/ redaksi media massa (tv, radio, media cetak, media online) untuk dipublikasikan dalam media massa tersebut.
            Pengertian dari Press Release menurut Effendy adalah :
"Bahan berita yang dikirimkan pihak instansi atau organisasi, biasanya biasanya dikerjakan oleh bagian Humas ke media massa dengan harapan dapat disiarkan" (Effendy, 1898 : 80). Press Release atau siaran pers biasanya hanya berupa lembaran siaran berita yang disampaikan kepada wartawan atau media massa. (Abdullah, 2004 : 80).

B.        Perbedaan Press Release dan Berita
Press Release
                        Penyampaian kegiatan organisasi. Misalnya, produsen mie instant membuat            kegiatan “lomba kreasi mie”. Kemudian Public relations membuat press-release yang            berisi informasi tentang kegiatan ini ke media. Sebagai bahan atau sumber berita       bagi media. Sebuah release yang dikirim public relations (setelah dianggap layak        oleh media) bisa dimuat dalam bentuk berita. Tentu saja isinya tidak sama persis   dengan tulisan dalam release. Media bisa saja lebih menonjolkan sesuatu pokok      (angle) peristiwa yang dianggap penting, yang mungkin berbeda dengan apa yang     ditonjolkan Public relations dalam release-nya. Alat untuk membina dan             menumbuhkan sikap, pendapat atau citra yang baik dari anggota masyarakat kepada      organisasi (membentuk opini positif). Alat untuk mengalihkan perhatian publik dari             fakta yang merugikan organisasi dan memusatkan fakta yang menguntungkan        organisasi. Dibuat oleh organisasi atau perusahaan. Beritanya mencakup peristiwa        yang direncanakan, yaitu dari event yang dibuat perusahaan. Misalnya   pengangkatan manajer baru, perubahan pelayanan, dan sebagainya.
b.    Berita Jurnalistik
                        Dibuat oleh wartawan. Wartawan mencari dan menulis berita untuk diedit redaksi. Sumber berita bisa berasal dari mana saja, termasuk dari Public relations.      Melaporkan fakta sebagaimana adanya. Ini tanggung jawab profesi wartawan untuk        memenuhi hak informasi dari publik (public’s right to know). Biasanya banyak untuk           peristiwa yang nonrekayasa. Maksudnya adalah peristiwa yang terjadi dengan             sendirinya tanpa direncanakan manusia. Misalnya, kecelakaan, musibah, dan          lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk peristiwa yang direkayasa          (direncanakan), seperti acara wisuda sarjana yang diadakan sebuah institusi           pendidikan. Dampak pemberitaan tidak selalu harus berkembang kepada sikap atau        pendapat yang baik terhadap apa yang disampaikan, malah dapat terjadi yang        sebaliknya. Fungsi berita untuk kontrol sosial, memberi tahu, mendidik, membimbing, meyakinkan, dan membantu khalayak dalam menyikapi peristiwa.
`Persamaan antara press-release dan berita :
1.    Merupakan informasi yang ditujukan untuk khalayak.
2.    Harus mengandung news-values yang dapat menarik perhatian khalayak.
3.    Menuntut adanya teknik penulisan tertentu, seperti 5W+1H.

C.        Penulisan Press Release
            Meskipun semua press release yang dibuat PR memiliki format yang sama, sebenarnya memiliki perbedaan penekanan pada informasinya yaitu:
Basic Press Release mencakup berbagai informasi yang terdapat di dalam suatu organisasi/ perusahaan yang memiliki berbagai nilai berita untuk media lokal, regional atau pun nasional;
            Product Release mencakup transaksi tentang target suatu produk khusus atau produk reguler lainnya untuk suatu publikasi perdagangan di dalam suatu industri;
Financial Release digunakan terutama dalam membina hubungan dengan pemegang saham.
            Penulisan press release layak muat apabila cara menulisnya seperti halnya wartawan menulis berita langsung (straight news) dengan gaya piramida terbalik (inverted pyramid). Dimulai dengan membuat lead/ teras berita/ kepala berita sebagai paragraf pertama yang mengandung unsur 5W + 1H (What: apa yang terjadi? Where: dimana terjadinya? When: kapan peristiwa tersebut terjad? Who: siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut? Why: mengapa peristiwa tersebut terjadi? How: bagaimana berlangsungnya peristiwa tersebut?).
            Penulisan dengan gaya piramida terbalik ini digunakan dengan alasan: Pertama, pembaca dikategorikan sebagai orang sibuk dan mempunyai waktu yang singkat untuk mendapatkan berita-berita yang faktual. Kedua, redaksi media massa harus memotong Press Release tersebut tanpa mengurangi isi pokoknya. Ketiga, redaksi tidak mempunyai cukup waktu untuk membaca keseluruhan Press Release. Sebelum redaksi memutuskan dibuang atau dipakai release tersebut, mereka harus tahu dengan cepat apa keseluruhan isi release itu (Cole dalam Soemirat dan Ardianto, 2004).
            Setelah menulis lead sebagai paragraf pertama, kembangkan lead itu dalam paragraf kedua untuk menjelaskan atau mendukung paragraf pertama yang perlu dijelaskan atau mendukung paragraf pertama yang perlu dijelaskan. Kemudian masuk kepada tubuh berita. Penulisan dengan gaya piramida terbalik ini berarti menulis berita dari mulai yang sangat penting (lead) sampai kepada semakin tidak penting. Sedangkan judul diambil dari lead (berita yang sangat penting tadi).
            Austin (1996) menyarankan agar PR membaca surat kabar––lokal dan nasional––dan mempelajari gaya bahasa yang mereka gunakan. Tulislah siaran pers dengan gaya surat kabar yang akan dikirimi tulisan tersebut. Siaran pers yang ditulis harus meniru gaya artikel dalam surat kabar itu. Sebagai contoh bila mereka selalu mencetak nama lengkap gunakan nama lengkap dan bukannya singkatan.
            Untuk menarik perhatian pembaca, Austin menjelaskan beberapa aturan dasar yang biasa digunakan wartawan untuk menarik perhatian pembaca. Aturan tersebut juga berlaku ketika menulis siaran pers, yaitu:
·         Memilih judul yang positif (aktif) dan bukannya pasif.
·         Paragraf pertama (lead) harus tajam dan ringkas; antara 12 sampai 20 kata merupakan ukuran yang ideal.
·         Usahakan supaya kalimat dan paragraf pendek-pendek.
·         Hindari kata yang berlebihan seperti “ini” dan “itu”, serta kata keterangan dan kata sifat yang tidak perlu. Anda tidak perlu mengatakan bahwa sesuatu “hebat” atau “fantastis”. Kalau itu sehebat yang anda nyatakan, maka akan jelas dengan sendirinya dari teks yang anda tulis.
·         Hindari kata-kata panjang karena kolom surat kabar sempit.
·         Hindari istilah khusus dan penggunaan singkatan.
·         Jawab enam pertanyaan ––siapa, mengapa, apa, bilamana, di mana dan bagaimana. Kalau anda tidak menjawab keenam pertanyaan ini maka siaran pers anda tidak berisi semua informasi yang diperlukan wartawan.
·         Jangan menulis awal, bagian tengah dan akhir. Masukkan semua butir yang penting pada awal siaran pers. Kalau artikelnya terlalu panjang mereka akan memotongnya dari bawah dan jika Anda meletakkan butir-butir yang paling penting pada akhir berita, maka bagian itu tidak akan termuat.
·         Tulislah berita dan bukan pandangan (harus berdasarkan fakta).
·         Selalu periksa kembali ejaan nama orang.
·         Ketiklah siaran pers hanya pada satu sisi kertas saja dengan spasi rangkap. Berikan margin yang cukup pada semua sisi halaman.
·         Selalu beri tanggal pada siaran pers.
·         Selalu cantumkan nama kontak dan nomor telepon di siang hari pada bagian bawah siaran.
·         Buatlah siaran pers sesingkat mungkin.
Berkaitan dengan press release Jefkins (2003) mengungkapkan hal-hal terpenting perihal pers yang harus diketahui oleh seorang praktisi PR:
1.    Kebijakan editorial. Hal ini mengungkapkan pandangan dasar dari suatu media yang dengan sendirinya akan melandasi pemilihan subjek-subjek yang akan dicetak atau yang akan diterbitkannya. Selain itu aturan keredaksian dan aturan kewartawanan juga perlu diketahui PR dalam menulis dan mengirimkan press release.
2.    Frekuensi penerbitan. Setiap terbitan punya frekuensi penerbitan yang berbeda-beda, bisa harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan. Hal itu perlu diketahui oleh para praktisi PR, sehingga dapat menyesuaikan diri dalam pembuatan press release.
3.    Tanggal/tenggat terbit. Kapan tanggal dan saat terakhir sebuah naskah harus diserahkan ke redaksi untuk penerbitan yang akan datang? Hal ini ditentukan oleh frekuensi dan proses percetakannya. Hal ini penting diketahui praktisi humas karena kerap kali siaran pers yang dikirimkan tidak bisa termuat karena terganjal oleh tenggat terbit.
4.    Proses percetakan. Hal ini wajib diketahui oleh praktisi humas sehingga pemuatan press release bisa sesuai dengan yang hiharapkan.
5.    Daerah sirkulasi. Apakah jangkauan sirkulasi dari suatu media itu berskala lokal, pedesaan, perkotaan, nasional atau internasional. Hal ini dinilai sangat penting agar pesan yang disampaikan efektif dan efisien.
6.    Jangkauan pembaca. Berapa dan siapa saja yang membaca jurnal atau media yang bersangkutan? Seorang praktisi PR juga dituntut untuk mengetahui kelompok usia, jenis kelamin, pekerjaan, status sosial, minat khusus, kebangsaan, etnik, agama, hingga ke orientasi politik dari suatu khalayak pembaca media.
7.    Metode distribusi. Praktisi PR juga perlu mengetahui metode-metode distribusi suatu media, apakah eceran atau langganan. Kemudian ihwal tiras juga patut diketahui dalam upaya efektivitas dan efisiensi komunikasi yang dijalankan.
            Abdullah (2000) mengatakan bahwa yang dinomorsatukan oleh wartawan atau redaktur dalam menilai sebuah peristiwa yang akan menjadi berita adalah nilai jurnalistiknya. Hal serupa diberlakukan pula kepada rilis yang masuk yang dikirimkan oleh lembaga humas, atau materi sebuah jumpa pers, juga kegiatan khusus (special event) hingga hasil wawancara dengan narasumber. Meskipun nilai jurnalistik masing-masing media relatif berbeda, para praktisi media massa di seluruh dunia memiliki patokan unsur-unsur yang memiliki nilai jurnalistik, yaitu: aktualitas, kedekatan (proximity), penting, keluarbiasaan, ketegangan, konflik atau pertentangan, seks, kemajuan, emosi, dan humor. Kemudian ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam pengiriman press release:
1.    Kirimkan secepat mungkin. Artinya, jika kegiatan berlangsung hari itu, kirimkan hari itu juga. Jangan menunda hingga esok harinya, kecuali jika pelaksanaannya adalah malam hari.
2.    Jika pengirim siaran pers sudah mengenal nama wartawan sesuai bidangnya, tujukanlah pada wartawan tadi.
3.    Pengiriman bisa pula melalui faksimili (atau e-mail).
4.    Jika melampirkan foto atau cetakan berwarna atau contoh produk, lebih baik melalui kurir.
5.    Konfirmasikan kembali melalui telepon, apakah siaran pers tadi sudah diterima atau belum.
Adakalanya siaran pers ini melengkapi acara jumpa pers atau konferensi pers sehingga para kuli tinta tidak salah mengutip pernyataan atau data yang ada. Karena itulah menurut Abdullah (2000) ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan konferensi pers atau jumpa pers:
1.    Jangan mengundang wartawan secara mendadak karena biasanya wartawan sudah memiliki jadwal kerja yang padat.
2.    Hargailah waktu wartawan, jangan menunda waktu yang telah dijadwalkan.
3.    Jangan mengundurkan waktu hanya karena ada wartawan yang belum datang.
4.    Wartawan paling menyukai acara jumpa pers pagi hari.
5.    Hindari jumpa pers pada hari libur.
6.    Hindari jumpa pers yang jaraknya sangat jauh.
7.    Jika ingin suasana santai, jumpa pers bisa pula di rumah makan atau tempat rileks lainnya.
8.    Hadirkanlah orang yang mempunyai kredibilitas sehingga menambah bobot acara jumpa pers.
9.    Jangan “mengusir” wartawan yang datang tidak diundang sejauh ia betul-betul membutuhkan informasi untuk berita.
10.  Sediakan bahan-bahan atau data tertulis sebagai pelengkap tulisan/ berita yang akan ditulis wartawan. Apakah itu proposal, brosur, rilis dan lain-lain.
11.  Masukkan bahan-bahan tadi dalam map atau amplop.
12.  Jika akan memberi cinderamata atau uang transportasi, masukkanlah ke dalam amplop besar atau map tadi.
13.  Hindari jumpa pers satu arah. Berilah kesempatan wartawan untuk bertanya.
14.  Jangan heran apabila dalam kesempatan itu wartawan akan bertanya pula tentang materi lain di luar materi yang dijumpaperskan.
15.  Hindari jawaban “No Comment” dalam diskusi, sebab jawaban ini mengesankan pembenaran dari pernyataan wartawan.
16.  Khusus dalam Press Briefing karena dilakukan secara reguler dalam kegiatan besar, maka perlu diperhatikan hal-hal berikut:
17.  Susunlah jadwal yang pasti, siapa yang tampil sebagai narasumber dan siapkan data yang akurat.
18.  Konfirmasikan dahulu, apakah narasumber yang akan ditambilkan itu bersedia muncul dalam pertemuan dengan wartawan.
19.  Siapkan bahan-bahan tertulis dalam press room yang disediakan.
20.  Buatlah jurnal harian yang akurat dan lengkap.
21.  Sediakan press room yang memadai yang dilengkapi dengan berbagai sarana komunikasi dan pengetikan

D.        Jenis-jenis Press Release
            Mengacu pada pendapat Thomas Bivins, terdapat tiga jenis press-release yaitu :
            a.         Basic Publicity Release
                        Topik press-release  jenis ini adalah segala informasi yang dinilai      mengandung nilai berita bagi media massa.
            b.         Product Release
                        Press-release  ini berisi informasi tentang produk perusahaan, misalnya        peluncuran produk baru, perubahan nama produk, dan lainnya. Jenis release ini biasanya lebih terbatas pada media-media ekonomi bisnis.
            c.         Financial Release
                        Tidak semua perusahaan menganggap penting informasi jenis ini. Informasi            keuangan biasanya dianggap tabu untuk menjadi konsumsi umum. Sekarang, bukan   hanya pemegang saham yang berhak atas informasi ini, tetapi publik pun juga        berhak disodori informasi keuangan. Informasi ini akan menjadi penilaian publik         tentang kredibilitas perusahaan. Misalnya, press-release berjudul “Laba Bank Mega   Syariah Rp 53 Milyar”.
            Berkaitan dengan jenis-jenis release, Terence Shimp menyebut tiga jenis press-release, yaitu :
            a.         Product Release
                        Mengumumkan produk-produk baru, memberikan informasi yang relevan   mengenai fitur dan manfaat produk serta memberi tahu bagaimana informasi     tambahan dapat diperoleh.
            b.         Executive Statement Release
                        Lebih luas daripada product-release, karena menyampaikan berbagai isu      yang relevan dengan perusahaan, seperti : pernyataan tentang perkembangan dan             tren industri; ramalan penjualan di masa depan; pandangan tentang perekonomian;     pemberitahuan tentang program pemasaran baru perusahaan; pandangan tentang      persaingan antarnegara atau perkembangan global dan komentar tentang isu-isu             lingkungan.
            c.         Feature Articles
                        Merupakan penjelasan yang rinci mengenai produk atau program lain yang layak diberitakan, yang telah ditulis Public relations untuk segera dipublikasikan.
            Selain beberapa jenis di atas, ada jenis lain yang perlu ditambahkan yaitu relational release. Press-release ini berisi informasi yang ditujukan untuk menjaga hubungan dengan publik. Misalnya, release tentang ucapan terima kasih atau release untuk meluruskan komplain pelanggan.

E.        Contoh Press Release
PT. BEAUTY CARE INDONESIA,Tbk
The Plaza Lantai 22-23
Jl. MH. Thamrin
Jakarta Selatan
Press Release
Launching Produk
Tanggal 10 Mei 2014, PT. BEAUTY CARE INDONESIA,Tbk kembali mengeluarkan produk kosmetik baru berupa: Beauty Natural Blush, Powershine Lipstick, Herbal Natural Handbody dan Milk&Honey Gold Shampoo. Karena keberhasilan kami memasarkan produk-produk kosmetik sebelumnya, diharapkan produk kosmetik terbaru kami ini dapat diterima pasar dan berhasil dalam penjualannya.
Harga yang diberikan untuk produk kosmetik terbaru cukup terjangkau. Untuk Beauty Natural Blush Rp. 125.000,-, Powershine Lipstick Rp. 80.000,-, Herbal Natural Handbody Rp. 70.000,- dan Milk&Honey Gold Shampoo Rp. 65.000,-
Event launching akan dimeriahkan  oleh bintang tamu penyanyi Afghan dan Citra Scholastika. Pada event kali ini, desain acara dibuat sangat elegan ditambah dengan pemberian discount harga untuk produk-produk kosmetik lainnya. Terdapat stand kosultasi kecantikan yang telah kami persiapkan bagi mereka yang ingin mendapatkan tip dan trik perawatan kecantikan.
“Dengan keberhasilan event launching tersebut, diharapkan akan diikuti oleh keberhasilan pemasaran produk  kosmetik BEAUTY CARE terbaru ini, dan kami dari PT. BEAUTY CARE INDONESIA,Tbk akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen.
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi situs kami di :
beautycare-indonesia.blogspot.com
Atau hubungi:
PT. BEAUTYCARE INDONESIA,Tbk
THE PLAZA
Lantai 22-23
Jl. MH. Thamrin Kav. 10
Jakarta Selatan
Phone : +62 21 9791010 (hunting)
Fax     : +62  21 9791011
Customer Service : +62 21 9791010 ext. 10

Sumber: http://fierdadiahayu.blogspot.co.id/2014/03/makalah-press-release.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tugas Cyber Media Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting